Facebook adalah salah satu situs social
media yang bisa membantu dalam kegiatan promosi bisnis anda karena situs
social media ini memiliki member yang sangat banyak dan terus bertambah
dari waktu ke waktu. Boleh dikatakan bahwa saat ini memiliki facebook
page adalah sebuah keharusan dalam kegiatan inbound marketing bisnis
anda. Ada perubahan yang dilakukan oleh pihak facebook pada Facebook
page untuk bisnis baik pada skala kecil – perubahan fitur baru yang
selalu muncul dari waktu ke waktu – maupun perubahan dalam skala yang
lebih besar – pada saat perubahan facebook dalam bentuk timeline.
Ga usah terlalu pusing untuk
mencari-cari informasi bagaimana cara membuat Facebook page untuk bisnis
anda, atau mencari informasi bagaimana membuat social networking anda
menjadi lebih profesional. Saya akan mencoba menjelaskan caranya pada
postingan ini – tidak perduli anda seorang ahli atau pemula – anda dapat
membuat facebook page anda dengan cara yang baik.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat facebook page untuk bisnis anda:
1. Pertama, login ke akun facebook Anda.Setelah anda login ke akun FB lalu buka URL ini di tab baru pada browser anda https://www.facebook.com/pages/create.php
Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:
- Local business or place
- Company, organization or institution
- Brand or product
- Artist, band or public figure
- Entertainment
- Cause or Community
Memilih klasifikasi yang tepat akan
membantu peringkat anda dalam pencarian yang relevan di Facebook sesuai
dengan informasi yang anda berikan pada page anda nantinya, jadi
pastikan anda memilih kategori yang sesuai dengan bisnis anda. Setelah
memilik kategori FB page anda, lalu anda harus memasukkan nama bisnis
anda, centang kotak “I agree to Facebook page terms” lalu klik get
started.
2. Isi informasi tentang page Anda.- Upload foto untuk page bisnis anda – Untuk membuat halaman FB bisnis anda keliahatan lebih profesional sebaiknya anda memasang foto dengan kualiatas resolusi yang baik karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas gambar yang baik.
- Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda – Pada bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian singkat mengenai bisnis anda, mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis anda.
Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda.
A. Edit Page
- Pilihan edit page menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama adalah opsi untuk update info yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”.
- Anda juga dapat mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB anda. Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page anda. Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin untuk menambah halaman.
Biasanya orang akang sangat bersemangat
ketika FB page mereka telah selesai dibuat, kemudian mereka mengundang
orang lain untuk melihat halaman FB bisnis mereka. Menurut saya ini
adalah langkah yang tidak baik buat anda karena audience anda tidak
melihat apa-apa pada halaman FB bisnis anda.
Sebaiknya anda tidak terlalu
terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda,
akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten.
Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang
karyawan, teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan
meminta mereka untuk men-share isi page anda. Nah setelah interaksi
lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik
bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada
Facebook.
4. Isi halaman Facebook Page dengan konten
A. Memasang Foto Cover
Anda perlu memasanga foto cover atau
foto sampul untuk facebook bisnis anda, ukurannya adalah 851 X 315
pixel. Pastikan anda menggunakan cover dengan foto yang creative agar
membuat pengunjung anda menjadi lebih tertarik.
B. Mengatur Tabs
Anda dapat mengatur tabs pada halaman Fb
sesuai dengan keinginan. Sebaiknya anda mengatur tabs dengan lebih baik
sesuai dengan kategori kegiatan anda, misalnya video, foto, event, dan
lainnya. Membuat tabs dengan teratur akan membuat audiens anda lebih
mudah untuk mengenal bisnis anda.
C. Membuat Posts
Pastikan anda memberikan konten yang
berfariasi ketika anda memposting di dalam halaman FB bisnis.
Pertimbangkan juga untuk membuat gambar-gambar menarik yang berhubungan
dengan bisnis anda, sehingga membuat pengunjung anda akan membagikan
konten anda pada timeline mereka.
D. Lakukan pengamatan
Memiliki halaman FB page yang cantik
memang sangat memuaskan tapi anda juga harus melakukan pengamatan dan
memantau interaksi fans anda secara terus menerus. Pastikan anda
membalas komentar dan pesan yang dikirimkan oleh fans anda. Bila anda
melakukannya secara continue, anda akan melihat fans anda bertambah
terus menerus dan membantu bisnis anda semakin berkembang.
5. Ukur upaya yang telah anda lakukan.
Anda telah membangun facebook bisnis
anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang perlu
anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk
mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook
marketing. Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang
berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini
sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang
berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin
bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui
Facebook.
Cukup panjang juga artikel ini, hehehe.
Hal yang dijelaskan di atas adalah beberapa langkah penting dalam
membuat facebook page untuk bisnis anda. Jika anda memiliki tips
tambahan dalam pemasaran melalui facebook silahkan share melalui
komentar, terimakasih!